Tips Budidaya Ikan Guppy menggunakan Ember

iklan
Budidaya ikan guppy menggunakan ember

Salah satu ikan hiaa yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah ikan guppy, ikan ini memiliki daya tarik tersendiri. Mulai daru corak warnanya, bentuk tubuhnya, dan lain sebagai, yang terpenting adalah proses perawatan ikan guppy sangat mudah.

Ikan guppy yang berkualitas adalah ikan yang memiliki ekor cantik dan indah, semakin mahal harga ikan guppy maka kualitasnya semakin baik.

Selain untuk dijadikan sebagain ikan hias, ikan guppy juga dapat digunakan untuk mendapatkan uang dengan cara membudidayakan ikan ini. Mengingat untuk membudidayakan ikan guppy cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, cukup menggunakan peralatan yang ada dirumah saja anda sudah dapat memulainya.

Salah satu peralatan rumah yang dapat digunakan untuk budidaya ikan guppy adalah ember, bagaimanakah caranya? Berikut adalah cara budidaya ikan guppy menggunakan ember.

Budidaya Ikan Guppy Menggunakan ember


Sebelum memulai untuk membudidayakan ikan guppy, ada baiknya anda mengetahui beberapa faktor menghasilkan ikan guppy yang berkualitas.

usia ikan guppy yang cocok untuk dikawinkan adalah 4-5 bulan.

Pastikan dalam memilih indukan, sangat disarankan untuk memilih guppy dengan usia 4-6 bulan agar bibit yang dihasilkan berkualitas.

Pilihlah indukan dengan berperilaku sehat dan lincah.

Indukan sehat dan lincah sangat menentukan kualitas anakan yang berkualitas, semakin sehat induknya maka akan semakin baik bibitnya.

Pilihlah indukan dengan fisik yang baik

Fisik ikan guppy yang baik adalah tidak mengalami masalah dan gangguan, ikan aktif dan tidak memiliki tanda-tanda gangguan kesehatan.

ALAT-ALAT

Alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Untuk alatnya sendiri cukup mudah untuk didapatkan, berikut peralatan yang digubakan: ember, selang, tanaman air, dan aerator.

PEMISAH INDUKAN

Proses Pemisahan Indukan:

Ikan guppy calon indukan haruslah melalui proses pemisahan untuk memilah ikan guppy jantan dengan guppy betina, proses ini memerlukan kesabaran dan ketelitian agar ikan tidak tertukar.
    Kebersihan air juga harus diperhatikan dalam proses ini, jika air yang digunakan kotor maka akan mengakibatkan ikan mati. Selain itu, dalam proses pemisahan indukan perlu memberikan makanan yang banyak kepada ikan agar mereka dapat menghasilkan anakan yang baik.

MELAKUKAN PROSES PEMIJAHAN PADA INDUKAN


Proses pemijahan ini adalah menyatukan ikan guppy betina dengan ikan guppy jantan, mereka akan melakukan proses pembuahan. Untuk prosea ini idealnya memerlukan 100 liter air untuk 30 individu ikan guppy, pastikan tidak melewati batas individu yang sudah ditentukan tersebut agar tidak terjadi kegagalan dalam proses pemijahan yang direncanakan.

Perbandingan ikan yang baik dalam penebaran ikan adalah satu berbanding lima, semakin tepat penakaran yang anda lakukan maka proses pembuahan akan semakin baik dan berjalan sesuai harapan.

PROSES PENETASAN


Ikan yang sudah melalui proses pemijahan atau pengkawinan maka diperlukan untuk melakukan pemisahan antara jantan dan betina, dan pastikan bahwa memberikan senggang beberapa waktu untuk proses penetasan setiap individu.

PROSES YANG TERAKHIR, YAITU PEMBIBITAN


Setelah menetas maka burayak akan terlahir, dalan proses inilah sangat diperlukan kehati-hatian agar tidak terjadi hal yang fatal. Setiap hari bibit yang ada dalam ember harus langsung terkena sinar matahari, fungsi utamanya adalah agar beragam corak ikan dapat dihasilkan dengan baik.

Baca juga: Ikan Guppy Dragon

Ada baiknya untuk tidak memberikan ikan guppy yang baru lahir makanan instan, ini bertujuan agar bibit cepat tumbuh besar. Makanan instan dapat memperlambat proses pertumbuhan ikan, andapun akan memerlukan tenaga ekstra untuk membersihkan air di ember karena makanan instan dapat membuat air cepat kotor dan tidak higienis.

Itulah di atas artikel tentang Budidaya ikan guppy menggunakan ember. semoga bermanfaat iya



Sumber:
Topikanguppy.com

Click to comment