Ketahui cara memilih Ikan guppy yang bagus

iklan
Cara memilih ikan guppy

Bagaimana cara memilih Ikan guppy yang bagus? Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan di Indonesia, ini dikarenakan masyarakat Indonesia banyak yang memelihara ikan guppy sebagai hiasan ruangan.

Ikan guppy sangat mudah untuk dibudidayakan dan tidak dibutuhkan penanganan yang khusus, modal untuk budidaya pun tidak terlalu besar. Proses budidaya ikan guppy tidak memerlukan tempat yang luas, cukup di belakang rumah atau dipekarangan rumah saja anda sudah dapat membudidayakannya.

Hal yang perlu anda perhatikan dalam membudidayakan ikan hias ini adalah memilih ikan guppy yang bagus, ini sangat menentukan hasil peranakan dan kualitas ikan guppy yang dihasilkan.

Lalu bagaimana caranya? Berikut adalah cara memilih ikan guppy yang bagus.

Tips 4 Cara memilih Ikan Guppy yang Bagus


1. Usia Ikan Guppy.
Untuk mendapatkan ikan guppy yang baik untuk dibudidayakan, anda dapat memilih indukan yang memiliki usia yang matang dan sudah cocok untuk dibudidayakan.

Usia ikan yang siap untuk dijadikan indukan adalah antara 4 sampai dengan 6 bulan, ciri - ciri ikan guppy yang siap untuk dijadikan indukan adalah telah terlihat dengan jelas warna dan coraknya.

Lihat Juga Tips: Cara budidaya ikan guppy menggunakan ember

Selain itu anda dapat melihat ekornya yang sudah mulai bertambah panjang dan warnanya sudah mulai jelas terlihat, dengan cara ini akan membantu anda mendapatkan peranakan ikan guppy yang berkualitas dan laku dipasaran.

2. Melihat Fisik Ikan Guppy.
Cara memilih ikan guppy yang bagus berikutnya adalah melihat fisiknya, ikan guppy yang memiliki fisik yang baik adalah ikan yang lincah dan aktif bergerak.

Bila ikan anda aktif dalam bergerak maka ikan anda sehat dan terhindar dari penyakit, sebaliknya jika ikan guppy tidak aktif bergerak maka sebaiknya tidak memilihnya karena akan mudah terserang penyakit.

Selain melihat dari segi fisik kesehatannya, anda juga wajib melihat fisik warna coraknya. Ikan guppy yang baik memiliki corak yang beragam dan warna yang cerah, ikan yang memiliki warna dan corak yang beragam biasanya adalah ikan guppy jantan. Sedangkan ikan betina tidak memiliki corak dan warna yang tidak terlalu mencolok dan terkesan polos.

3. Lihatlah Prilakunya.
Bila anda mengunjungi toko ikan dan ingin membeli ikan guppy maka pastikan terlebih dahulu untuk melihat tingkah lakunya, dengan melihat tingkah lakunya anda dapat membedakan ikan mana yang sehat dan tidak sehat.

Prilaku ikan guppy yang sehat adalah mereka aktif bergerak, ditambah lagi bila terdapat dua buah ikan guppy jantan dan betina maka mereka akan selalu aktif bergerak.

Ada beberapa perilaku ikan yang terkadang diam atau seperti mengambang walaupun ikan dalam kondisi hidup, hal ini menandakan bahwa ikan tersebut setres dan sebaiknya tidak dibeli karena akan beresiko ikan tersebut mati.

4. Melihat Riwayat Makanan Mereka
Makanan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas ikan guppy yang anda pelihara, makanan yang diberikan harus memiliki takaran gizi yang pas. Bila anda ingin ikan guppy lincah bergerak maka lebih baik memberikan makanan yang banyak mengandung protein dan gizi.

Lihat juga: Cara membuat pakan ikan guppy

Bila anda sembarang dan tidak menghiraukan riwayat makanan ikan anda maka resiko yang tidak diinginkan mungkin dapat terjadi, misalnya adalah ikan anda akan mudah terserang penyakit, ikan akan cepat mati, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa makananan yang baik untuk ikan guppy peliharaan anda adalah cacing sutra dan jentik nyamuk.

Demikianlah cara memilih ikan guppy yang bagus, semoga bermanfaat.

Click to comment