Mengenal berbagai informasi lengkap ikan molly

iklan
Mengenal berbagai informasi lengkap ikan molly

Ikan molly merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh kolektor ikan hias. Ikan hias molly banyak juga dibudidaya atau sekedar dipelihara sebagai ikan hias di dalam aquarium. Tapi, baik untuk budidaya maupun sekedar memelihara, perlu diketahui berbagai informasi mengenai ikan hias molly.

Hal ini agar kita dapat memahami betul bagaimana cara yang baik untuk memelihara dan merawat ikan molly entah itu sebagai ikan hias biasa di dalam rumah atau untuk keperluan budidaya.

Berikut ini beberapa informasi lengkap ikan molly yang wajib diketahui jika kita ingin memelihara ikan hias molly.

Harga ikan hias molly


Ikan hias jenis molly ini memiliki harga yang beragam. Namun, untuk ikan hias molly seringnya harga yang ada dipasaran cukup miring. Kecuali pada jenis ikan hias molly seperti black molly. Harga untuk sepasang black molly dapat dikatakan lumayan mahal. Berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah per pasang.

Sedangkan untuk ikan hias molly jenis biasa yang dapat dengan mudah di dapatkan di pasar dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah saja per tiga ekor ikan hias molly. Bahkan, harga ini bisa jadi lebih miring lagi jika kita berniat untuk membudidayakannya dengan cara membeli grosiran.

Harga grosir untuk ikan hias molly hanya 500 hingga 1000 rupiah per ekornya jika dibeli dengan harga grosir. Sangat murah bukan?
Gambaran kisaran harga ikan hias molly ini akan bermanfaat bagi anda yang hendak membeli ikan hias molly, sehingga tidak tertipu dengan para penjual nakal yang mungkin saja mematok harga terlalu tinggi.

Pemeliharaan ikan hias molly


Ada banyak hal yang perlu diperhatikan terkait dengan cara pemeliharaan ikan hias molly. Baik untuk dipelihara sendiri secara pribadi sebagai hiasan di dalam rumah, maupun untuk keperluan budidaya, ikan hias molly membutuhkan perawatan yang sesuai dengan standart dan membantu tumbuh kembang ikan hias ini. Inilah beberapa tips pemeliharaan ikan hias molly sebagai informasi lengkap ikan molly

1. Tempat tinggal

Ikan molly harus ditempatkan di wadah yang bersih dan jernih. Karena ikan ini memiliki kemampuan yaitu sering mengeluarkan buih dari dalam tubuhnya. Aktivitas ikan molly tentu akan membuat air di dalam wadahnya cepat keruh. Untuk itu, perlu mengganti air tempat tinggal ikan molly minimal dua hari sekali dengan cara disiphon.

Lihat juga tips: Cara mudah budidaya ikan molly untuk pemula

Selain itu, perlu diingat saat memberikan pakan kepada ikan ini sebaiknya benar-benar diperhitungkan agar tidak bersisa di sudut wadah yang kemudian akan membuat keruh tempat tinggal ikan hias molly.

2. Pakan ikan

Hal yang penting selanjutnya adalah mengenai pakan untuk ikan molly. Ikan ini biasanya cocok dengan makanan seperti kutu air, cacing rambut, cacing beku dan jentik nyamuk. Tak perlu cemas atau khawatir karena berbagai jenis pakan ikan molly dapat dengan mudah didapatkan di berbagai toko pakan ikan.
Pemberian pakan kepada ikan molly ini juga perlu memperhatikan usianya. Karena untuk usia ikan molly dari lahir hingga 5 atau 6 hari, sebenarnya ikan molly belum perlu diberikan pakan seperti ikan pada umunya.

3. Karakter ikan molly

Informasi lengkap ikan molly selanjutnya adalah karakter. Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan molly, kita perlu mengetahui betul karakteristik ikan hias molly seperti apa. Apakah ikan ini termasuk ikan yang agresif atau damai. Sehingga kita bisa menentukan apakah tempat tinggal ini dapat digabungkan dengan jenis ikan hias lain atau tidak. Karena dalam menentukan tempat tinggal kita harus menyesuaikan dengan karakter ikan.

Click to comment