Cara mudah Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

iklan
Cara membedakan ikan molly jantan dan betina

Membedakan antara ikan molly jantan dan betina perlu dilakukan dan dipelajari oleh para kolektor ikan hias. Hal ini penting karena jika hendak menggabungkan ikan hias molly ini ke dalam satu aquarium yang sama untuk tujuan budidaya maka perbandingan jumlah indukan jantan dan betina harus memiliki perbandingan yang sesuai.

Sebenarnya, cara membedakan ikan molly jantan dan betina dapat dengan mudah dipelajari. Karena kita dapat membedakan jantan dan betina cukup dengan cara memperhatikan beberapa bagian tubuhnya. Perbedaan fisik antara bagian tubuh jantan dan betina terlihat sangat jelas dan dapat diamati secara langsung.

    Ciri-ciri perbedaan Ikan Molly Jantan dan Betina


1. Bagian kepala

Jika kita memperhatikan bagian kepala ikan molly jantan dan betina, kita akan langsung tahu bahwa ikan molly jantan dan betina memiliki bentuk kepala yang sangat berbeda. Pada ikan molly jantan akan terlihat jika kepala ikan lebih besar dan cenderung berbentuk bulat.

Sedangkan, bagian kepala ikan molly betina biasanya tidak sebesar kepala ikan molly jantan. Selain itu bentuknya juga lebih runcing bukan bulat seperti pada ikan molly jantan.

2. Warna Tubuh

Warna tubuh ikan molly memang terkenal beraneka ragam. Tapi ternyata, warna tubuh dan corak yang bervariasi ini hanya dimiliki oleh ikan molly jantan. Karena kecenderungan warna tubuh ikan molly betina tidak secerah ikan molly jantan dan variasinya lebih sedikit. Begitu pula dengan corak pada ikan molly betina

3. Ukuran tubuh

Hal lain yang sangat membedakan ikan molly jantan dan betina adalah pada ukuran tubuhnya. Jika dibandingkan, ukuran ikan molly jantan dan betina memiliki perbedaan yang signifikan dan cukup jelas terlihat. Ukuran tubuh ikan molly jantan lebih kecil dan lebih ramping daripada ikan molly betina.

Tubuh ikan molly betina biasanya akan lebih gempal daripada ikan molly jantan karena pada ikan molly betina terdapat sebuah kantong yang memiliki fungsi untuk menampung telur ikan ketika hamil.

4. Bentuk sirip ikan

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina lainnya adalah dengan melihat atau mengamati bentuk siripnya. Sirip yang indah dan menarik dari ikan hias molly seringkali menjadi incaran para kolektor. Tak jarang, harganya melambung tinggi karena bentuk dan corak yang ada pada sirip ikan hias molly.

Namun ternyata, ikan hias molly yang memiliki sirip lebar dan mengembang, bukan semua jenis ikan molly. Sirip yang indah dan menarik ini hanya dimiliki oleh pejantan ikan molly. Sedangkan pada ikan hias molly betina, bentuk dan ukuran sirip serta coraknya biasa saja. Tidak seindah dan semenarik yang dimiliki oleh jenis pejantan.

5. Bagian Belakang Sirip Perut Ikan

Terdapat perbedaan yang jelas ketika kita melihat bagian belakang sirip perut ikan molly. Antara pejantan dan betina, dapat dibedakan dengan mudah. Hal ini karena pejantan ikan molly memiliki bentuk tonjolan pada bagian belakang sirip perutnya. Bentuk tonjolan ini pipih memanjang dan sering disebut gonopodium.

Pada ikan molly betina, tidak terdapat gonopodium, hanya saja ikan molly jenis betina memiliki sirip halus memanjang di bagian belakang sirip perut ikannya. Perbedaan ini akan dapat diamati dengan sangat jelas ketika ikan molly berenang.

Baca juga: Informasi penting tentang ikan molly

Cara membedakan ikan molly jantan dan betina sebenarnya cukup mudah. Karena bentuk fisik pejantan dan betina pada ikan hias molly memang terlihat secara jelas. namun, perlu ketelitian dalam membedakan antara pejantan dan betina. Hal ini penting untuk proses budidaya ikan molly sehingga dapat berjalan sukses dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Click to comment