6 Tips Cepat Cara Membedakan Ikan Guppy Jantan dan Betina

iklan
Ini dia perbedaan antara ikan guppy jantan dan betina

Ikan guppy adalah jenis ikan yang sering dipelihara untuk dijadikan sebagai ikan hias. Para pecinta ikan kebanyakan lebih memilih ikan guppy jantan untuk dijadikan sebagai ikan hias di aquarium rumah. Alasannya tentu karena ikan guppy jantan memiliki bentuk yang lebih indah dan warna nya yang lebih beragam.

Namun, bagi pecinta ikan yang baru memulai menggeluti dunia ini, mungkin masih awam dengan perbedaan ikan guppy jantan dan betina. Banyak kolektor ikan baru yang tidak dapat membedakan jenis ikan guppy jantan dan betina. Untuk itu perlu dipahami beberapa ciri khas ikan guppy. Hal ini perlu dipelajari karena akan berguna jika hendak melakukan budidaya ikan guppy.

Berikut ini adalah 6 tips cepat cara membedakan ikan guppy jantan dan betina:

Membedakan Bentuk Tubuh Guppy jantan dan Betina


    1. Ikan guppy jantan memiliki kepala yang besar.

Jika dibandingkan, kepala ikan guppy akan terlihat cenderung lebih besar daripada ikan guppy betina. Perbedaan ini akan terlihat jelas ketika dua indukan jantan dan betina berada dalam satu aquarium yang sama. Akan terlihat bahwa kepala ikan guppy betina terlihat lebih runcing dan ukurannya kecil.

    2. Ikan guppy jantan memiliki gonopodium sedangkan ikan guppy betina tidak.

Gonopodium adalah sejenis bagian menyerupai ranting panjang yang terletak di belakang sirip perut ikan guppy. Sebenarnya, tonjolan yang disebut sebagai gonopodium ini adalah merupakan sirip anal yang kemudian berubah menjadi sirip memanjang. Pada ikan guppy betina, tidak ditemukan gonopodium hanya saja ada sirip halus yang tumbuh di bagian belakang.

    3. Ikan guppy jantan memiliki ukuran badan yang lebih kecil daripada ikan guppy betina.

Ikan guppy jantan tumbuhnya cenderung lebih ramping jika dibandingkan dengan badan ikan guppy betina. Ikan guppy betina memang lebih tambun dan perut bagian bawahnya menggelembung terlihat menonjol dengan sangat jelas. Biasanya tubuh ikan guppy betina bersisik dengan pola warna kuning kecoklatan meskipun ada juga yang berwarna putih.

    4. Warna ikan guppy jantan lebih memikat

Salah satu cara membedakan ikan guppy jantan dan betina adalah dari warnanya. Ikan guppy jantan memiliki warna-warna yang lebih indah dibanding ikan guppy betina. Hal ini karena ikan guppy betina warnanya cenderung kusam dan tidak cerah. Jika ikan guppy jantan memiliki warna yang beraneka ragam, warna ikan guppy betina biasanya itu-itu saja.

Itulah hal mendasar yang dijadikan pertimbangan mengapa lebih banyak ikan guppy jantan yang dipelihara sebagai ikan hias di kalangan kolektor ikan.

    5. Sirip ikan guppy jantan lebih panjang terurai

Keindahan ikan guppy jantan juga terletak pada siripnya yang panjang dan seperti terurai ketika berenang. Sedangkan pada ikan guppy betina, keberadaan sirip hanya tumbuh pendek dan tidak memiliki ciri khas lainnya lagi. Bentuk siripnya pun biasa saja seperti ikan pada umunya.

    6. Ekor ikan guppy jantan lebih mengembang

Bentuk ekor ikan guppy jantan memang lebih mengembang dan menonjolkan corak dan warna yang dimilikinya. Jika diamati dengan seksama, ekor ikan guppy betina tidak tumbuh mengembang dan warnanya tidak menarik mengikuti warna perut dan sisiknya.

Lihat juga: Tips cara memililh ikan guppy yang bagus

Jenis Ikan Guppy


Lima tips tadi dapat dipraktikkan jika ingin mengetahui bagaimana cara membedakan ikan guppy jantan dan ikan guppy betina dari segi fisiknya. Dan juga perlu diketahui bahwa ikan guppy sendiri memiliki berbagai jenis dan nama yang berbeda-beda. Ada ikan guppy japan blue, ikan guppy metalik, jenis cobra, ikan guppy mozaic, ikan guppy toxeda, ikan guppy pink white dan lain lain.

Click to comment