Tips akuarium terbaik untuk ikan guppy

iklan
Tips memilih akuarium untuk ikan guppy

Apakah anda memelihara ikan guppy? Atau anda ingin memelihara ikan guppy? Kalau iya maka anda harus memperhatikan beberapa hal dalam merawatnya, ikan hias satu ini sangat cocok ditaruh dalam akuarium agar keindahan dan kecantikan ikan ini semakin memanjakan mata.

Anda harus menyusaikan kondisi akuarium dengan corak dan warna ikan guppy anda, jika anda tepat memilihnya maka kecantikan ikan hias satu ini akan sempurna.

Namun sebagian besar pemelihara tidak tepat dalam memilih akuarium sebagai wadahnya, akibatnya keindahan dari ikan guppy ini tidak terlihat maksimal.

Sebelum memilih akuarium, ada baiknya anda memperhatikan cara memilih akuarium untuk ikan guppy. Berikut adalah tips dalam memilih akuarium untuk ikan guppy.

AKUARIUM UNTUK IKAN GUPPY


1. Ukuran Ideal Akuarium untuk Ikan Guppy

Poin pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran dari akuarium yang ingin digunakan, bila anda ingin mengisi air sebanyak 12 liter maka ada baiknya anda cukup memilih ukuran akuarium 80x40x45 cm.

Perlu diingat bahwa sesuaikan terlebih dahulu ukuran ikan guppy anda sebelum memastikan kapasitas airnya, bila semakin besar ukuran ikan maka akan semakin besar juga kapasitas air dan ukuran akuarium yang anda perlukan.

Untuk ikan guppy berukuran dewasa maka ukuran akuarium yang cocok digunakan adalah berukuran 60x30x40 cm, ukuran ini dapat menampung kapasitas air sebesar 75 liter.

2. Jumlah Ikan Guppy yang ingin Dipajang Dalam Akuarium

Seperti yang sudah kami ulas diatas, ukuran ikan dan akuarium harus diperhitungkan.
Sebagai contoh saja, bila anda ingin menggunakan akuarium berukuran 80x40x45 cm maka cukup memasukan 3 ekor ikan guppy saja dengan perbandingan 1 ekor ikan jantan dan 1 ekor ikan betina.

Artikel Lainnya: jenis ikan guppy lokal yang banyak dipelihara

Hal ini berfungsi untuk menjadikan ikan anda terlihat aktif dan akan menjadi tontonan yang cukup menarik, apalagi jika mereka melakukan proses pembuahan maka ikan guppy yang anda miliki akan semakin bertambah banyak.

Dengan cara ini anda dapat melakukan variasi penaruhan ikan, semakin besar ukuran akuarium maka taruhlah ikan lebih banyak namun dengan kunci perbandingan antara jantan dan betinanya harus setara.

3. Perhatikan Suhu Dalam Akuarium

250-270 C merupakan suhu yang sangat ideal untuk keadaan akuarium, bila suhu air kurang dari itu anda dapat melakukan pemanasan. Gunakanlah alat pemanas air yang memiliki daya 5,5 watt, tujuannya agar tidak terjadinya reaksi yang lebih besar dan dapat berakibat buruk bagi ikan guppy yang dipelihara.

Perlu anda perhatikan bahwa dalam membeli alat pemanas air dalam akuarium, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan sebagian besar penjual kadang memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan kemanpuan alat pemanas air dalam akuarium tersebut.

4. Setup Akuarium Ideal Untuk Ikan Guppy

Seperti yang kita tahu bahwa ikan guppy memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, maka dari itu anda tidak perlu memperhatikan setup untuk ikan anda.

Namun jika anda ingin ikan anda terlihat lebih pas maka anda dapat mencoba beberapa referensi setup akuarium yang ideal untuk ikan guppy anda.

  1. Akuarium Model Soliter Kecil untuk memelihara ikan guppy anda
  2. Akuarium Model Under Gavel untuk memelihara ikan guppy anda
  3. Aquascape untuk memelihara ikan guppy anda

Artikel Lainnya: Tips budidaya ikan guppy menggunakan ember

Perlu anda ketahui bahwa untuk memelihara ikan dalam aquascape, anda harus menaruhnya sejak kecil karena dalam model akuarium ini terdapat tanaman air dan perlu penyesuaian cukup lama agar ikan dapat nyaman.

Click to comment