Inilah manfaat Daun Ketapang kering untuk ikan guppy

iklan
Ini dia daun ketapang kering

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengenal daun ketapang, walaupun daun ini memang banyak tumbuh di Indonesia. Jika anda sering berwisata ke pantai maka anda akan melihat daun ketapang yang tumbuh dipinggir pantai, bila dilihat sekilas nampak daun ini mirip dengan daun jati.

Namun siapa sangka daun yang biasanya dianggap tidak berguna ternyata memiliki manfaat untuk ikan guppy, terutama daun ketapang yang sudah dikeringkan.

Anda hanya perlu mengutip daun yang sudah berguguran saja, tidak ada lagi proses pengeringan dengan cara dijemur.

Lalu, apakah manfaat daun ini untuk ikan guppy? Berikut adalah manfaat daun ketapang untuk ikan guppy

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN GUPPY


1. Untuk Mempertajam Warna Ikan Guppy


Banyak pemelihara ingin memiliki ikan guppy yang cantik dan memiliki warna yang indah, namun sayangnya sebagian besar jenis ikan guppy memiliki warna yang kurang tajam dan tidak terlihat indah.

Dengan memanfaatkan daun ketapang yang sudah kering anda dapat mempertajam warna ikan guppy yang anda sedang pelihara, apalagi jika anda ingin menjual ikan guppy. Keadaan ikan harus menarik dan dapat membuat pengunjung terkesan, secara langsung mereka akan membeli ikan anda.

2. Untuk Mengobati Ikan Guppy


Ikan guppy sangat rentan terserang penyakit, bahkan sampai mati karenanya. Dengan memanfaatkan daun ketapang yang sudah kering anda dapat mencegah penyakit yang mungkin menyerang ikan guppy peliharaan anda, terutama penyakit jamur dan finroot.

Caranya adalah cukup dengan menaruh daun ketapang ini didalam air, lalu tunggulah beberapa menit hingga ikan anda mengalami perubahan.

3. Untuk Menambah Nafsu Makan Ikan Guppy


Ikan guppy ternyata dapat kehilangan nafsu makannya pada saat mereka dalam keadaan sakit, daun ketapang ternyata juga dapat menambah nafsu makan pada ikan.

4. Untuk Menurunkan PH Dalam Air


Terlalu banyaknya PH dalam air dapat berakibat buruk bagi semua jenis ikan hias, salah satunya adalah ikan guppy.

Artikel Lainnya: Cara membuat makanan alami ikan guppy

PH dalam air adalah faktor yang sangat berperan penting dalam budidaya hidroponik, namun untuk memelihara atau budidaya ikan hias sangat dilarang karena kandungan basanya terlalu tinggi dan dapat berakibat tidak baik bagi ikan hias jenis apapun.

5. Untuk Menjernihkan Air Dalam Akuarium


Dengan menaruh daun ketapang kedalam air akuarium dapat membuat air jernih, bila saat ditaruh air berubah warna menjadi merah kecoklatan maka itu tandanya kotoran dalam air mengendap dan air akan segera jernih.

Ini merupakan solusi alternatif bagi anda yang tidak terlalu banyak memiliki waktu untuk membersihkan air akuarium, dampak negatif bila tidak segera dibersihkan maka ikan akan mudah terserang penyakit dan cepat mati jadi anda akan sia-sia memelihara ikan tersebut.

6. Ikan Guppy Akan Merasa Nyaman


Manfaat terakhir dari daun ketapang untuk ikan guppy adalah membuat mereka nyaman, daun ketapang akan membuat keadaan lingkungan mereka terlihat lebih alami. Ikan akan tidak mudah stres dan akan memperpanjang usia ikan guppy peliharaan anda.

Artikel Lainnya: ini dia jenis ikan guppy yang paling populer dipelihara

Namun perlu anda perhitungkan bahwa dalam menaruh daun ketapang kedalam akuarium harus dalam takaran yang pas, jika terlalu banyak maka ikan akan mudah merasa stes dan tidak leluasa aktif bergerak. Keadaan akuarium pun akan terlihat lebih kotor dan terkesan kumuh, bakteri dan penyakit akan semakin banyak bersarang di dalam akuarium dan menyebabkan ikan guppy yang anda pelihara akan mati.

Click to comment