Ketahui Analisa Usaha Bisnis Ikan Guppy agar sukses

iklan
Keuntungan dari bisnis ikan guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang banyak dipelihara di Indonesia, alasannya adalah karena ikan guppy memiliki cirikhas yang unik dan memiliki warna yang sangat indah jika dipandang.

Ikan mungil ini sangat mudah untuk dijumpai di toko ikan hias, harganya bervariasi mulai dari yang termurah sampai yang termahal tergantung jenis dan coraknya.

Namun ternyata ikan guppy dapat menjaring uang dari bisnis ikan hias yang dapat menghasilkan keuntungan besar, namun sebelum melakukan itu kita perlu untuk melakukan analisa usaha ikan guppy terlebih dahulu.

Fungsinya adalah untuk mengetahui skema pemasaran ikan guppy, harga ikan guppy, dan untuk melihat peluang keuntungan budidaya ikan guppy.

Apakah anda ingin tahu analisanya? Berikut adalah analisa usaha ikan guppy yang sudah berhasil kami rangkum untuk anda.

Analisa Bisnis Ikan Guppy


1. Ikan Guppy Mudah untuk Dibudidayakan


Ikan guppy sangatlah mudah untuk dibudidayakan, ikan hias ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Yang terpenting adalah ikan guppy memiliki kemampuan untuk cepat menyusuaikan lingkungan baru, dampaknya adalah ikan akan cepat berkembang dan tidak memiliki resiko kerugian yang besar.

Untuk pakannya juga harganya cukup murah dan sangat mudah dijumpai di toko ikan. Bila anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membelinya, anda juga dapat mengakalinya dengan membuat pakan ikan guppy sendiri. Proses pembuatannya tidak terlalu rumit dan tidak banyak memakan waktu anda.

Lihat juga artikel: Tips membuat pakan ikan guppy sendiri

2. Budidaya Ikan Guppy Membutuhkan Sedikit Tempat


Analisa usaha ikan guppy yang kami dapatkan adalah dalam membudidayakan ikan guppy tidak dibutuhkan tempat yang terlalu luas, ini dikarenakan ukuran ikan guppy tidak terlalu besar. Walaupun ikan yang dibudidayakan cukup banyak, namun tempat yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Ini sangatlah cocok untuk anda yang hanya memiliki lahan yang sempit, misalnya adalah di belakang rumah atau di pekarangan rumah anda. Bila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih, maka anda dapat mencoba budidaya ikan guppy menggunakan ember namun dengan catatan pembagian jumlah ikannya harus pas dan tidak boleh terlalu banyak ikan dalam satu ember.

Baca juga artikel: Cara budidaya ikan guppy menggunaka ember

3. Harga Jual Ikan Guppy Cukup Besar


Analisa usaha ikan guppy yang dapat anda perhitungkan adalah harga jualnya yang cukup besar, berbanding terbalik dengan modal yang anda keluarkan hanyalah sedikit.

Coba kita mencoba menghitung keuntungannya, harga dari seekor ikan guppy adalah Rp. 8.000 untuk ukuran yang kecil. Bila anda dapat membudidayakan ikan guppy sebanyak 200 ekor maka tinggal dikali 200x800 hasilnya adalah Rp.1.600.000, untuk prakiraan untung bersihnya adalah Rp.1.000.000 cukup besar bukan?.

Semakin banyak ikan guppy yang dapat anda hasilkan dalam budidaya maka penghasilan yang akan anda dapat juga semakin besar, ini hobi sekaligus dibayar.

5. Ikan Guppy Banyak Diminati


Anda tidak perlu kuatir jika ikan guppy anda tidak laku dipasaran karena ikan hias ini sangat banyak diminati di Indonesia, hampir semua pengoleksi ikan hias mencari ikan guppy.

Perlu anda perhatikan bahwa jika ingin ikan guppy yang anda jual banyak diminati, maka anda perlu membudidayakan banyak jenis ikan guppy. Pilihlah jenis ikan yang memiliki corak warna yang cantik, aktif dan lincah.

Kesimpulannya:

Dari beberapa analisa usaha ikan guppy diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peluang untuk membuka usaha menjual atau membudidayakan ikan guppy sangat besar. Modal yang dibutuhkan pun cukup kecil, namun persentase keuntungan yang mungkin anda dapatkan adalah mencapai 100%.

Click to comment