Mengenal Jenis-Jenis Ikan Molly

iklan
Informasi Jenis jenis ikan molly

Ikan molly merupakan ikan hias yang memiliki warna dan corak yang beragam. Ikan molly adalah jenis ikan hias air tawar. Ikan molly dapat disatukan dalam satu aquarium yang sama karena bersifat damai. Biasanya, jenis-jenis ikan molly tidak membutuhkan aquarium yang terlalu besar karena ukuran dewasanya hanya akan mencapai sekitar 12 cm.

Ukuran ikan molly betina lebih besar dari ikan molly jantan, hal inilah yang paling mudah untuk membedakan antara ikan molly jantan dan betina. Ikan ini juga masuk ke dalam golongan omnivora atau pemakan segala. Banyak jenis makanan yang dapat dimakan oleh ikan hias ini seperti cacing beku, cacing rambut, dan sebagainya.

Secara umum, ikan hias ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu ikan molly sirip panjang dan ikan molly sirip pendek. Namun karena banyak dilakukan persilangan, maka menghasilkan jenis yang lebih dari banyak lagi. Berikut ini jenis-jenis ikan molly

    Sailfin Molly (Ikan Molly Sirip Panjang)


Wild green sailfin molly

Ada berbagai spesies dalam jenis ikan molly ini. salah satu contohnya adalah wild green sailfin molly, ikan spesies ini memiliki habitat asli di daerah Amerika Serikat, hidupnya di danau Peten Guatemala. Ikan molly jenis ini merupakan jenis ikan molly dengan ukuran terbesar. Ciri dari ikan ini adalah warnanya biasanya abu-abu atau abu kehijauan dan sirip punggungnya lebar.

Sailfin molly dan Yucatan molly

Kedua ikan ini memiliki bentuk yang hampir sama, dan umur rata-ratanya pun sama. Rata-rata kedua jenis ikan ini dapat tumbuh hingga umur 3 tahun dan ukuran tubuhnya mencapai 12 cm untuk jantan dewasa. Ukuran betina nya pun akan lebih besar lagi. Bedanya, sailfin molly berasal dari texas sedangkan yucatan berasal dari peninsula.

Baca juga: Cara mudah membedakan molly jantan dan betina

Short-fin Molly (Ikan Molly Sirip Pendek)
Liberty Molly


Ikan hias molly jenis ini bersifat lebih agresif jika dibandingkan dengan ikan molly lainnya. Sifatnya yang agresif membuat ikan ini sering menggigit sirip ikan lainnya meskipun tak sampai melukai. Ukuran ikan ini jika dibandingkan dengan ikan molly pada umumnya juga lebih kecil, ukuran maksimal untuk ikan molly jenis ini hanya 8 cm.

Atlantic molly dan broadspotted molly
Meskipun kedua jenis ini tidak dapat disamakan, tetapi kedua jenis ikan hias molly memiliki habitat yang sama, sama-sama berasal dari Meksiko. Ukurannya lebih kecil lagi, bahkan untuk usia dewasa hanya mencapai hingga 5 cm.

Common Molly

Ikan hias molly jenis ini asal muasalnya merupakan hasil perkawinan antara short-fin molly dengan sailfin molly yang kemudian ini menjadi black molly. Black molly adalah jenis ikan hias molly yang di dalam tubuhnya muncul pigmen gelap, sehingga ini dapat dikatakan kebalikan dari albino.

Ikan Molly Hibryds

Ikan molly jenis ini merupakan hasil persilangan juga. Biasanya yang disilangkan adalah ikan molly yang memiliki warna atau corak yang indah, karena tujuan dari penyilangan ikan hias molly ini adalah untuk mendapatkan jenis ikan molly baru yang lebih indah coraknya dan menarik untuk dilihat.

Sekarang ini, orang banyak mengembangbiakkan ikan molly karena ikan molly jenisnya semakin bervariasi akibat dari penyilangan. Sehingga, jika ingin memelihara ikan molly kita perlu mengenali jenis-jenis ikan molly yang ada dan kita sesuaikan dengan keinginan kita. Karena biasanya karakteristik ikan molly hasil persilangan bisa berbeda dari induknya.

Baca juga: Tips Cara budidaya ikan molly untuk pemula

Jadi, penting bagi yang akan membudidayakan ikan molly untuk mengenali berbagai jenis ikan hias ini.

Click to comment