Tips Cara mudah Memelihara Ikan Hias dalam Toples

iklan
Mudah Memelihara ikan hias dalam toples

Bagaimana cara memelihara ikan hias dalam toples? Ikan hias merupakan ikan yang difungsikan untuk memperindah suatu ruangan atau sudut, dengan memelihara ikan hias anda dapat memandanginya sembari menghilangkan stres dari lelahnya bekerja.

Anda dapat memelihara berbagai macam ikan hias, mulai dari ikan hias yang memiliki harga yang murah sampai dengan yang memiliki harga yang mahal. Tergantung selera dan keinginan masing-masing.

Untuk penempatan, ikan hias biasanya ditempatkan pada akuarium. Namun bila anda menggunakan akuarium maka tempat yang harus anda sediakan cukup luas, hal ini mengingat ukuran akuarium yang cukup besar.

Namun jangan kuatir bila anda hanya memiliki tempat yang sempit, anda dapat memanfaatkan toples untuk dijadikan tempat tinggal ikan hias anda.

Lalu bagaimana caranya? Berikut merupakan beberapa cara memelihara ikan hias dalam toples yang sudah berhasil kami rangkum.

4 Cara Memelihara Ikan Hias dalam Toples


1. Menyiapkan Toples yang Steril.
Langkah pertama adalah dengan menyiapkan toples yang steril, kenapa harus yang steril? Karena agar virus dan bakteri tidak menyerang ikan anda.

Toples dapat anda beli di toko ikan terdekat, namun bila anda tidak memiliki uang untuk membelinya maka dapat menggunakan toples bekas sosis yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Pilihlah toples yang tembus pandang agar ikan hias yang anda pelihara terlihat dengan jelas, anda juga dapat memantau perkembangannya setiap hari.

2. Memilih Jenis Ikan Hias yang Akan Dipelihara.
Cara memelihara ikan hias dalam toples selanjutnya adalah memilih jenis ikan hias yang akan dipelihara, pilihlah jenis ikan hias yang memiliki bentuk badan yang kecil. Hal ini mengingat ukuran ikan harus disesuaikan dengan ukuran toples yang digunakan.

Banyak jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh yang kecil, contohnya adalah ikan guppy dan ikan moli. Anda dapat menempatkan 2-3 ekor ikan hias kecil dalam sebuah toples, ini dikarenakan bila menempatkan ikan lebih dari itu maka ikan anda akan mudah stres.

Penempatannya pun harus imbang antara ikan jantan dengan betina, fungsinya adalah untuk menarik ikan agar dapat lincah dan aktif bergerak.

3. Menggunakan Air yang Bersih.
Ini merupakan perihal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup ikan hias yang anda pelihara, dengan menggunakan air bersih maka bakteri maupun penyakit tidak akan cepat berkembang dalam toples.

Bila anda menggunakan air yang kurang bersih maka ikan hias anda akan cepat terserang penyakit bahkan akan mati, apalagi bila anda memelihara ikan hias dengan harga yang cukup mahal.

Sebagai saran, sebaiknya anda mengambil air bersih dari sungai yang masih alami. Ini karena air sungai tidak terkontaminasi bahan berbahaya, suhu airnya pun sangat cocok untuk ikan hias yang sedang anda pelihara.

4. Menambahkan Hiasan Dalam Toples.
Anda dapat menambahkan beberapa hiasan dalam toples, mengingat toples yang digunakan memiliki ukuran yang cukup kecil maka anda hanya bisa menambahkan hiasan yang memiliki ukuran yang kecil juga.

Anda dapat menambahkan pohon kecil, batu, rumput - rumput, bingkai mini, kaca mini, dan lain sebagainya.

Namun perlu dicatat bahwa jangan terlalu banyak menempatkan hiasan dalam toples karena akan memberikan kesan kumuh.

Fungsi dari ditambahkan hiasan ini adalah untuk lebih memperindah toples yang digunakan untuk tempat ikan hias anda, selain itu ikan juga akan merasa nyaman dan tidak mudah setres.

Lihat juga: Tips memilih akuarium untuk ikan guppy

Demikianlah cara memelihara ikan hias dalam toples, semoga bermanfaat.

Click to comment