Inilah Informasi tentang Ikan Guppy secara lengkap

iklan
Asal usul ikan guppy

Ikan guppy merupakan ikan hias yang memiliki bentuk tubuh mungil dan berwarna warni, ikan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.Ikan yang cantik ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, biasanya ditaruh dalam akuarium atau toples hias.

Yang menjadi bagian menarik pada ikan ini adalah pada bagian ekornya, ikan guppy memiliki bentuk ekor yang panjang dan berwarna cerah.

Namun terlepas dari hal diatas, ternyata masih banyak masyarakat yang masih belum mengetahui informasi tentang ikan guppy yang lengkap, walaupun ikan ini sangat mudah untuk dijumpai di Indonesia.

Berikut telah kami rangkum beberapa informasi tentang ikan guppy yang lebih lengkap dan jarang diketahui oleh masyarakat.

ASAL USUL IKAN GUPPY


Ikan guppy pertama kali ditemukan oleh Robert John Lechmere Guppy pada tahun 1866 di Trinidad, nama ikan guppy sendiri diambil dari nama penemunya.

Penemu dari ikan guppy yang sebenarnya masih simpang siur karena terdapat sebuah deskripsi yang menyatakan bahwa penemu ikan guppy ini adalah Wilhelm Peters dan ditemukan pada tahun 1859, pada deskripsi tersebut juga nama ikan guppy pertama kali adalah Poecilia reticulata.

Baca juga artikel lainnya: ini Cara membedakan guppy jantan dan betina

Namun nama guppy lebih populer daripada nama aslinya, sampai saat ini ikan yang memiliki nama asli Poecilia reticulata ini sering disebut ikan guppy.

Walaupun cukup populer digunakan, nama guppy dicatat secara sah sebagai nama sinonim saja bukan sebagai nama sah.

NAMA SINONIM IKAN GUPPY

Banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui bahwa ikan guppy memiliki beberapa nama sinonim, berikut adalah beberapa informasi tentang ikan guppy yang berupa sejumlah nama sinonim yang jarang diketahui.

- Acanthocephalus guppii
- A. reticulatus
- Girardinus guppii
- G. petersi
- G. poeciloides
- G. reticulatus
- Haridichthys reticulatus
- Heterandria guppyi
- Lebistes poecilioides
- L. reticulatus
- Poecilia poeciloides
- Poecilioides reticulatus

Cukup banyak bukan? Memang banyak orang yang menjuluki ikan guppy sebagai ikan dengan nama sinonim terbanyak dari beberapa jenis ikan hias lainnya.

BEBERAPA KLASIFIKASI ILMIAH IKAN GUPPY


Ikan guppy memiliki kasifikasi ilmiah, berikut adalah beberapa klasifikasi ilmiah ikan guppy yang telah berhasil kami rangkum.

- Spesies : P. reticulata
- Kelas : Actinopterygii
- Kingdom : Animalia
- Filum : Chordata
- Ordo : Cyprinodontiformes
- Genus : Poecilia
- Famili : Poeciliidae

Bila anda belum mengetahui pengertian klasifikasi ilmiah, klasifikasi ilmiah adalah pengelompokan atau pengategorikan yang dibuat oleh ahli biologi untuk mahluk hidup yang masih ada maupun sudah punah yang bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajarinya.

Halnya adalah seperti ikan guppy, ikan guppy juga memiliki pembagian pengelompokan atau pengategorian ilmiah.

DESKRIPSI SINGKAT IKAN GUPPY

Ikan guppy memiliki ukuran badan 4-6 cm yang terbagi atas ikan dewasa dan ikan peranakan, ikan ini memiliki masa kehamilan 21-30 hari .

Ikan guppy mampu melahirkan burayak sebanyak 1-100 ekor tergantung betina, namun kebanyakan ikan guppy dapat melahirkan 1-30 ekor burayak saja.

Adapun beberapa kerabat dari ikan guppy adalah sebagai berikut.

- ikan moli
- ikan platis
- ikan moli hitam

Jika anda ingin memiliki ikan guppy dengan jenis yang beragam maka anda dapat melakukan proses penyilangan, salah satu contohnya adalah menyilangkan ikan guppy dengan ikan moli.

Baca juga artikel lainnya: Cara budidaya ikan guppy

Demikianlah tadi diatas artikel informasi tentang ikan guppy, semoga bermanfaat.

Click to comment